VR (Virtual Reality) + 5G, Membuka Dunia Aplikasi Baru

- Mar 09, 2020-


VR (Virtual Reality) + 5G, buka dunia aplikasi baru!

VR 5G

Virtual reality (VR) mengintegrasikan banyak teknologi seperti multimedia, sensor, tampilan baru, Internet dan kecerdasan buatan, dan merupakan kekuatan penting yang memimpin babak baru revolusi industri global. Saat ini, pasar konsumen VR Cina berkembang pesat, bentuk-bentuk produk di bidang permainan, hiburan, film dan televisi semakin melimpah, dan model bisnis secara bertahap menjadi matang. Terutama penggunaan komersial 5G tahun ini telah membuka cakrawala baru untuk aplikasi VR di berbagai bidang yang lebih luas.


Pada konferensi pers Konferensi Industri VR Dunia 2019 (Realitas Virtual), Wu Shengwu, wakil direktur Departemen Informasi Elektronik dari Kementerian Industri dan Teknologi Informasi, mengatakan bahwa penggunaan komersial 5G tahun ini membuka dunia baru untuk aplikasi teknologi realitas virtual di berbagai bidang. Dengan bantuan 5G, aplikasi industri realitas virtual yang membutuhkan komunikasi waktu nyata dan interaksi waktu nyata akan dipraktikkan dan dipromosikan.


Dalam beberapa tahun terakhir, skala pasar realitas virtual China telah berkembang pesat, dan inovasi industri terus muncul. Menurut agen riset pasar CCID Consulting, pada tahun 2021, ukuran pasar virtual reality China akan mencapai 54,45 miliar yuan, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 95,2%.


Terobosan terus menerus dalam teknologi utama


"Produk-produk realitas virtual juga dianggap sebagai pintu masuk ke generasi berikutnya platform komputasi mobile dan Internet, dan diharapkan menjadi produk ikonik lain setelah TV berwarna, komputer, dan smartphone." Wu Shengwu berkata.


Dalam beberapa tahun terakhir, lingkungan industri realitas virtual China telah secara bertahap matang, aplikasi konsumen dan pasar aplikasi industri terus dibuka, dan rantai industri telah menjadi lebih lengkap. Perkembangan pesat China dalam semua aspek rantai industri, seperti pembuatan perangkat keras, pengembangan aplikasi konten, dan promosi pengalaman bisnis, menjadi salah satu wilayah dengan inovasi dan kewirausahaan terkuat dalam industri realitas virtual global, penerimaan pasar tertinggi, dan potensi pengembangan terbesar.


"Teknologi kunci Tiongkok untuk realitas virtual terus membuat terobosan, skala pasar terus berkembang, dan aplikasi industri terus berkembang." Wu Shengwu mengatakan bahwa dalam hal inovasi teknologi, industri realitas virtual China telah memasuki periode pertumbuhan paten yang cepat sejak 2013, dan teknologi kunci yang relevan telah semakin matang. Terobosan telah dibuat dalam bidang teknis seperti kualitas gambar, pemrosesan gambar, pengambilan bola mata, bidang suara 3D, dan penglihatan mesin. Sistem standar teknis yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, produksi dan distribusi konten, aplikasi, dan layanan sedang dibuat.


An Hui, wakil kepala insinyur dari Lembaga Pengembangan Industri Elektronik dan Informasi China, percaya bahwa putaran terobosan teknologi baru pada 2019 akan memicu gelombang perkembangan realitas virtual. Dalam pemrosesan gambar, resolusi, kontrol vertigo, rendering sudut pandang, dan kontrol perspektif telah menjadi arah terobosan berikutnya. Dalam hal teknologi interaktif, penangkapan gerakan inersia, pelacakan optik, pengenalan suara, pelacakan mata, interaksi spasial dan teknologi lainnya akan muncul dalam skala besar.


Industri memperkirakan bahwa realitas virtual akan memanfaatkan pasar triliun dolar. Saat ini, China telah menjadi tempat produksi terpenting dari produk terminal realitas virtual, dan Gore, Xiaomi, Pico dan pengiriman produk terminal realitas virtual perusahaan lain berada di peringkat teratas di dunia. Tetapi perlu dicatat bahwa pasar realitas virtual China pada tahun 2018 masih didominasi oleh perangkat keras dan konten. Di antara mereka, konten menyumbang proporsi tertinggi, 49,6%; perangkat keras diikuti, akuntansi untuk 41,2%; perangkat lunak dan layanan menyumbang relatif kecil, dan potensi lebih lanjut perlu disadap.


Aplikasi Ekspansi Komersial 5G


Saat ini, realitas virtual telah menembus semua bidang produksi dan kehidupan. Misalnya, belanja VR dan melihat rumah VR memungkinkan orang untuk tenggelam tanpa meninggalkan rumah, dan kacamata VR di bidang industri dapat membantu perakitan visual, pelatihan operasi, akuisisi data, dan tautan produksi lainnya.


Saat ini, pasar konsumen realitas virtual berkembang pesat, bentuk-bentuk produk di bidang permainan, hiburan, film dan televisi semakin melimpah, dan model-model bisnis secara bertahap menjadi matang. Pada saat yang sama, teknologi realitas maya mulai digunakan dalam bidang hiburan, manufaktur, pendidikan, medis, transportasi, perdagangan, dan bidang lainnya, dan sejumlah format dan model baru telah muncul.


"Terutama penggunaan komersial 5G tahun ini telah membuka cakrawala baru untuk penerapan teknologi realitas virtual di berbagai bidang yang lebih luas."


Misalnya, Stasiun Pusat Penyiaran dan Televisi Central menggunakan teknologi "5G + VR" untuk pertama kalinya untuk disiarkan langsung di CCTV Spring Festival Gala 2019; Rumah Sakit Rakyat Shenzhen menyelesaikan operasi jarak jauh 5G + AR (augmented reality) / MR (realitas campuran) pertama di Cina dengan bantuan jaringan 5G. Untuk operasi hepatobilier, para ahli yang relevan di Beijing memberikan panduan jarak jauh dan tepat waktu nyata untuk proses operasi; 2.000 kilometer dari Biro Keamanan Publik Nanchang, bersama dengan China Mobile, Huawei dan unit lainnya, aplikasi keamanan cerdas pertama 5G + VR di kancah nyata di Tiongkok diluncurkan.


Anhui percaya bahwa pada tahun 2019, realitas virtual akan sangat diterapkan di bidang manufaktur, transportasi, bidang medis dan lainnya, dan skenario aplikasi akan diperkaya lebih lanjut. Selain itu, dengan kemajuan komersialisasi 5G, pengayaan konten realitas virtual dan peningkatan rasa pengalaman interaktif dalam komunitas virtual, model pendapatan terutama mengandalkan pembelian peralatan perangkat keras akan diubah, dan pasar virtual, virtual belanja, dan tampilan virtual juga akan lebih banyak pengguna. menggunakan.


Pada akhir tahun lalu, Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi merumuskan dan mengeluarkan Pendapat Pemandu tentang Percepatan Pengembangan Industri Realitas Virtual, menekankan perlunya mempromosikan penerapan teknologi realitas virtual di bidang-bidang utama seperti manufaktur, pendidikan, budaya, kesehatan, dan perdagangan. Wu Shengwu mengungkapkan bahwa China akan mempromosikan penerapan teknologi realitas virtual di bidang-bidang utama yang disebutkan di atas dan mempromosikan pembentukan dan pengembangan model-model baru dan format-format baru.

750